• Distro linux buatan indonesia

          

          Distro linux memang sudah banyak berkembang dengan menawarkan fasilitas dan tampilan yang juga menarik
    bahkan perkembangannya sangat pesat hampir setiap tahunnya banyak distro linux bermunculan dengan inovasi baru walau dikelola oleh komunitas atau organisasi kecil tapi distro linux tidak kehilangan tajinya,begitu juga di
    indonesia bahkan kini banyak distro linux karya anak indonesia yang tidak kalah saing dengan buatan negara yang maju IPTEKnya tapi distro linux yang ada di indonesia sebagian besar adalah Remaster(Bikin distro baru dari distro yang sudah
    ada atau dari distro yang lagi kita pakai,remaster juga sering berguna untuk backup keseluruhan system) dan hanya sebagian saja
    yang asli buatan indonesia atau DEVELOPER asli INDONESIA seperti:

    1.Blank On
    BlankOn 8.0 yang juga dikenal dengan nama Rote kini telah hadir dengan fungsi dan keutamaan yang baru. Di antaranya adalah Manokwari, destop ringan yang modern; LibreOffice 3.5 untuk aplikasi perkantoran; Chromium 21 untuk meramban web; Beragam aplikasi berbasis GNOME 3; dan masih banyak yang lainnya. Ini adalah terbitan ke-8 sejak tahun 2005. Kini juga hadir dalam bentuk CD dan DVD dengan dukungan Bahasa Indonesia dan Bahasa Banyumas.

    2.Comal Linux
    Distro Comal-Linux adalah distro lokal Indonesia yang diracik dengan bahasa pengantar International : Inggris, Indonesia dan Arab.
    Dengan adanya pengantar bahasa Indonesia, diharapkan distro ini mudah digunakan dan disebarluaskan di Negeri ini. Walau demikian, Anda dapat beralih ke pengantar Bahasa Inggris atau Arab kapan saja.
    Catatan : Mulai versi 04.34H maka bahasa pengantar awal adalah bahasa Inggris. Bila diinginkan beralih ke bahasa Indonesia sila tempuh langkah berikut :
    1).Menu > Applications > Preferences > Control Panel > System Language > Masukkan password root > Pilih id_ID atau id_ID.utf8 > Logout > Exit Now
    2).Setelah tampil layar login, silakan login kembali maka Anda sudah dapatkan perubahan bahasa pengantar sebagaimana poin ke-1 di atas. Selesai
    Comal-Linux memang sengaja diracik untuk komputer "tua" sekelas dengan Pentium-III , tetapi akan berjalan lebih gegas dengan komputer Anda yang baru (walau kadangkala ada beberapa perangkat keras -hardware- yang belum bisa dikenali dengan baik).
    Catatan : Comal-Linux dapat dijalankan dengan Pentium-II 300MHz/RAM 128Mb, sekalipun butuh waktu lebih lama untuk memuat -loading- dan menggunakannya. Anda bisa gunakan versi 0831 atau sebelumnya untuk kenyamanan berkomputer tua semacam ini. Selesai
    Persembahan dalam bentuk Live-CD sengaja dipilih agar pengguna bisa mencicipi dahulu tanpa harus repot melakukan instalasi. Bila pengguna menginginkan Comal-Linux terpasang di komputernya, maka sisihkan waktu 20-40 menit untuk proses instalasi... setelah itu ia siap digunakan, insya Alloh.
    Aplikasi yang disertakan pada distro ini sengaja dipilih dari aplikasi yang ringan, sederhana tetapi tidak mengurangi fungsi kegunaan utamanya. Walaupun demikian, tetap ada aplikasi yang "terpaksa" dipilih dari kelas berat, seperti Office (perkantoran).
    Distro Comal-Linux diracik berbasiskan Slackware-Linux, yang dibangun dengan Linux Live Script (dari versi 0730 hingga 0431). Script lalu berganti dengan Zen Live-CD Script (versi 0831) dan berganti lagi dengan LiNomad Slackware-Live (mulai versi 1231). Dengan demikian, semua paket aplikasi yang kompatibel dengan Slackware-Linux semestinya dapat Anda tambahkan tanpa kesulitan.
    Ciri khas Comal-Linux adalah dukungan atas aplikasi Linux khas untuk Muslimin, yang akan terus bertambah... insya Alloh. Gambar latar diambil dari situs Wikipedia dan seniman muda Muslim, tentu dengan idzin mereka, alhamdulilLah. Distro Comal-Linux sendiri didedikasikan untuk mendukung pembebasan Masjid Al-Aqsho dari para penjajah durjana.

    3.De2.ui dan,
    De2-UI (DeDeUI) (Debian Depok U-buntu I-untung) merupakan sebuah distro racikan Depok yang di-update setiap minggu. Distro ini kompatible dengan Debian/GNU Linux (stable), mau pun variannya seperti Linux Sehat, Knoppix, Bonzai Linux, et. al.
    Versi terakhir distro ini di tahun 2009 adalah v.9.10 yang dirilis tanggal 3 November 2009.  Sedangkan untuk update terakhir sejak tulisan ini dikeluarkan adalah tanggal 14 Januari 2010.
    Saya memiliki CD linux ini tetapi yang saya miliki masih versi 7.4 dan CD update-annya tanggal 8 Oktober 2007. Jika ada yang ingin memiliki CD ini silahkan klik disini.
    IGN
    IGOS Nusantara 2006, sebuah distribusi Desktop Linux turunan Fedora Core 5 diluncurkan pada tanggal 4 Desember 2006. Dr. Ir. Engkos Koswara, sebagai penanggung jawab program IGOS mengemukakan bahwa pemerintah mengembangkan program IGOS dalam rangka menyediakan software alternatif yang bebas murah guna mempersingkat kesenjangan teknologi informasi, seraya mendorong percepatan peningkatan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan …

    {mosimage}IGOS Nusantara 2006, sebuah distribusi Desktop Linux turunan Fedora Core 5 akan diluncurkan pada tanggal 4 Desember 2006. Dr. Ir. Engkos Koswara, sebagai penanggung jawab program IGOS mengemukakan bahwa pemerintah mengembangkan program IGOS dalam rangka menyediakan software alternatif yang bebas murah guna mempersingkat kesenjangan teknologi informasi, seraya mendorong percepatan peningkatan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan software bebas (OSS: Open Source Software).
     Unduh ISO image dari:
    Server1: http://ign.lipi.go.id/iso/9.1/
    Server2: http://ftp.lipi.go.id/ign/iso/9.1/
    Server3: http://repo.igos-nusantara.or.id/iso/9.1/
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

my blog. Powered by Blogger.

Recent

Comment